Biografi Oki Setiana Dewi

Nama LengkapOki Setiana Dewi
LahirBatam, 13 Januari 1989
KebangsaanIndonesia
PekerjaanAktris, Penulis, Wirausahawan, Pendakwah
SuamiOry Vitrio S. Kom
AnakMaryam Nusaibah Abdullah (2014)
Khadeejah Fatimah Abdullau (2016)
Ibrahim Muhammad Abdullah (2017)
Sulaiman Ali Abdullah (2020)
Orang TuaAyah : Sulyanto ST
Ibu : Yunifah Lismawati
PenghargaanIndonesian Movie Awards 2010

Oki Setiana Dewi atau Ustadzah Oki lahir di Batam, Kepulauan Riau pada 13 Januari 1989. Merupakan wanita muslimah yang berprofesi sebagai seorang aktris, penulis dan juga dai’ah berkebangsaan Indonesia.

Sebagai seorang wanita karir dan dai, Oki memulai karirnya sebagai pemeran utama dalam Film Ketika Cinta Bertasbih, lalu menjadi penceramah di acara TV Islam Itu Indah Trans TV sejak 2014.

Oki Setiana Dewi merupakan sosok wanita muslimah yang cerdas, ia menyelesaikan program doktoralnya di UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Kini Oki juga menjadi pimpinan Yayasan Maskanul Huffadz dan juga pendakwah, bukan hanya di Indonesia saja, namun juga dibeberapa negara tetangga, seperti Malaysia, Singapore dan juga Brunei.

Oki merupakan anak pertama dari pasangan Bapak Sulyanto, ST dan Ibu Yunifah Lismawati. Semasa kecilnya hingga berusia 16 tahun oki tinggal di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Oki juga memiliki 2 orang adik bernama, dr Shindy Kurnia dan Ria Yunita yang umum dikenal sebagai Ria Ricis yang merupakan Youtuber dengan Subcriber terbesar ke dua di Asia Tenggara.

Di tahun 2014, Oki menikah dengan Ory Vitrio Abdullah, S. Kom yang kemudian dikarunia 4 anak, diantaranya Maryam Nusaibah Abdullah, Khadeejah Fatimah Abdullah, Ibrahim Muhammad Abdullah dan Sulaiman Ali Abdullah.

Oki menyelesaikan pendidikan SD-nya di SD Kartini Batam, lalu melanjutkannya di SMPN 3 Batam kemudian lanjut di SMA N 1 Batam, yang selama pendidikannya selalu mendapatkan peringkat 1.

Sebagai sosok wanita yang cerdas, Oki kerap kali mewakili sekolahnya dalam berbagai perlombaan, seperti perlombaan Olimpiade Biologi, pidato serta lomba debat bahasa Inggris.

Oki juga selalu aktif dalam mengikuti berbagai kegiatan ekstrakulikuler, mulai dari OSIS, Pramuka, Basket, Teater, English Club hingga Marching Band.

Oki Setiana Dewi juga sudah merambah di dunia presenter dan modelling sejak usianya 13 tahun, diusia itulah Oki mendapatkan gaji pertamanya. Ia pun mulai menjalankan tugasnya sebagai seorang pelajar sambil bekerja di usia tersebut di kota kelahirannya, Batam.

Ketika naik di kelas 2 SMA, Oki lalu melanjutkannya di SMA N 1 Depok, disana ia kembali mengharumkan nama sekolahnya dengan berkali-kali memenangkan perlombaan pidato dan debat Bahasa Inggris.

Namun kemudian, ia diuji oleh Allah dengan Ibunya yang terserang penyakit auto imun, Pemvigus Vulgaris. Dan ketika itulah ia memutuskan berhijrah dan mantap menutup auratnya serta mempelajari Sslam lebih dalam lagi.

Kemudian di tahun 2007, Oki menjadi mahasiswa Sastra Belanda di Universitas Indonesia, karena kecerdasannya, ia terpilih sebagai Mahasiswa Baru Terbaik OKK UI 2007. Serta menjadi Mahasiswa Baru Terbaik di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) 2007.

Selama masa kuliahnya Oki juga sangat aktif berbagai kegiatan, seperti BEM, Lembaga Dakwah Kampus Salam UI, Lembaga Dakwah Kampus Fakultas FORMASI FIB UI dan tentu saja teater.

Kecintaannya kepada dunia seni peran, kemudian mengantarkannya mendapatkan penghargaan sebagai Aktris Wanita Terbaik pada Festival Petang Kreatif UI 2007. Oki juga terpilih sebagai Mahasiswa Berprestasi Bidang Seni FIB UI 2007.

Pada tahun 2008, kemudian Oki mengikuti audisi film Ketika Cinta Bertasbih yang kemudian terpilih sebagai tokoh utama pada film tersebut.

Film tersebut kemudian menjadikannya mendapatkan 2 penghargaan di ajang Indonesia Movie Awards 2010 sebagai Aktris Pendatang Baru Wanita Terbaik dan Aktris Pendatang Baru Wanita Terfavorite.

Setelah menyelesaikan S1-nya, Oki juga sempat belajar dan tinggal di Rumah Quran Darut Tarbiyah Depok untuk menghafalkan Al-Qur’an, ia juga belajar Bahasa Arab sebagai mustami’ selama 1 bulan di lembaga Umm al-Qura University Makkah.

Kemudian pada tahun 2012, Oki melanjutkan pendidikan S2-nya di Universitas Negeri Jakarta dan mengambil jurusan Pendidikan Anak Usia Dini.

Lalu pada tahun 2016 melanjutkan program doktornya di 2 tempat sekaligus, yakni Program Doktor Kajian Islam jurusan Dakwah dan Komunikasi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Program Doktor Pendidikan Berbasis Quran di Perguruan Tinggi Ilmu Alqur’an Jakarta.

Setelah itu Oki mendapatkan beasiswa untuk mempelajari Kajian Islam di Australia dan di Jerman, pada tahun 2017.

Selain terus belajar dan menjadi mahasiswa yang berprestasi, Oki juga mulai menulis buku ditahun 2011, sehingga mengantarkannya menjadi salah satu pembicara di Program Islam Itu Indah Trans TV setiap hari sejak 2014. Selain berdakwah di televisi Indonesia, Oki juga melakukannya di televisi Malaysia.

Saat ini, Oki menjadi pimpinan di Yayasan Maskanul Huffadz yang berpusat di Bintaro, Tanggerang Selatan, yang didirikan pada tahun 2016.

Bersama dengan para sahabatnya, Oki berfokus mengurusi anak-anak Indonesia yang ditempatkan di 8 cabang Maskanul Huffadz yang memberikan beasiswa full selama 1 tahun untuk menghafalkan Al-Quran dan kembali mengajarkan ke seluruh penjuru Indonesia.

Itulah biografi mengenai Ustadzah Oki Setiana Dewi, untuk versi asli dan lebih lengkapnya bisa sobat lihat di sumber dibawah tulisan ini.

Sumber

https://www.wijatnikaika.id/2016/05/merindukan-oki-setiana-dewi-yang-dulu.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Oki_Setiana_Dewi
Default image
Reza el Ichsan
Orang desa yang bercita-cita menjadi Full Stack Developer
Articles: 37

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

One comment

Tulis komentarmu sob...