Bunga Janda Bolong

Bunga Janda Bolong – Siapa sih yang ngga tau dengan bunga yang satu ini, tanaman bunga yang lagi banyak digemari masyarakat di masa pandemi ini memiliki nama yang unik.

Selain namanya yang unik yakni “Janda Bolong” tanaman hias yang satu ini juga memiliki bentuk daun yang tidak biasa.

Di setiap daunnya terdapat lubang-lubang yang membuatnya semakin tampak indah untuk dijadikan bunga hiasan di rumah.

Deskripsi Tanaman Bunga Janda Bolong

deskripsi tanaman janda bolong

Bunga janda bolong merupakan jenis tanaman hias tropis monstera yang sangat digemari, terutama di musim pandemi seperti sekarang ini.

Biasanya, tanaman janda bolong banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tanaman hias untuk dekorasi ruangan bergaya minimalis atau skandinavia, karena dianggap memiliki bentuk yang bernilai estetika.

Tanaman janda bolong ini memiliki nama ilmiah Monstera adansonii, yang juga dikenal dengan sebutan tanaman keju Swiss.

Melansir dari United States Department of Agriculture Natural Resources Conservation Service di Jakarta pada Senin (28/09/2020), tanaman ini memiliki klasifikasi sebagai berikut :

KerajaanPlantae
Sub kingdomTracheobionta
DivisiMagnoliophyta
ClassLilliopsida
FamilyAraceae
GenusMonstera Adans

Monstera adansonii mempunyai bentuk daun yang berlubang dan berbentuk oval yang tidak beraturan.

Tanaman ini berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Tanaman ini merupakan jenis tanaman yang merambat dan cocok banget dijadikan tanaman teralis.

Tanaman janda bolong mampu tumbuh tinggi dengan daun yang besar apabila ditopang pada tiang. Untuk jenis tanaman hias, ia bisa tumbuh hingga 1 meter.

Sedangkan dialam liar, ketinggian tanaman ini bisa mencapai hingga 2-4 meter.

Tanaman bunga janda bolong sendiri merupakan jenis tanaman hias yang perawatannya cukup mudah dilakukan. Karena biasanya tanaman ini cukup disiram 1 – 2 kali saja dalam seminggu.

Untuk menanam bunga janda bolong, akan sangat bagus bila ditanam pada tanah gambut didalam pot yang memiliki ukuran yang besar.

Agar tumbuh dan bertahan lama, pastikan jangan terlalu basah atau jangan terlalu kering. Pengecekan bisa dilakukan dengan menempelkan jari kedalam tanah, untuk mengetahui seberapa basah atau kering tanah tersebut.

Bunga janda bolong sendiri memiliki sekitar 41 spesies yang masuk dalam genus Monstera, dan semuanya berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Asal Mula Nama Tanaman Janda Bolong

Asal Mula Nama Tanaman Janda Bolong

Asal mula nama tanaman hiasa yang satu ini cukup unik dan berasal dari kalangan masyarakat Jawa.

Dalam bahasa Jawa, tanaman hias ini disebut ron phodo bolong yang memiliki arti “daunnya pada bolong”.

Bila diucapkan secara singkat dan cepat, nama tanaman ini menjadi terdengar seperti ron dho bolong, sementara kata rondho sendiri dalam bahasa Jawa artinya “janda”.

Karena unik dan mudah diingat, kini sebutan janda bolong telah menjadi trademark di Indonesia.

Awal Mula Penyebaran Tanaman Janda Bolong di Indonesia

asal usul tanaman janda bolong

Tanaman yang berasal dari Amerika ini memiliki 48 spesies monstera, dan salah satu jenisnya (janda bolong) merupakan jenis yang paling cepat menyebar di Indonesia.

Tanaman janda bolong menjadi terkenal ketika seorang petani yang ada di daerah Bogor berhasil menjual tanaman ini dengan harga 120 juta kepada orang Jepang.

Dan mungkin karena itulah tanaman ini menjadi banyak diburu dan diperjualbelikan, sehingga menjadikannya cukup cepat tersebar di seluruh masyarakat Indonesia.

Meskipun janda bolong termasuk tanaman yang cukup sulit dibudidaya, namun untuk perawatannya sendiri cukup mudah dilakukan, sehingga banyak orang yang menyukainya.

Manfaat Tanaman Hias Bunga Janda Bolong

manfaat janda bolong tanaman hias

Mengapa sih banyak yang menyukai bunga janda bolong? Apakah karena harganya yang mahal? Atau karena bentuknya yang unik? Atau, karena ia janda? hehe.

Mungkin itu adalah alasan yang cukup benar. Namun ternyata tanaman janda bolong ini juga memiliki beberapa manfaat lo. Apa saja sih manfaatnya?

Berikut ini adalah beberapa manfaat tanaman janda bolong sebagai tanaman hias.

Memperbaiki Kualitas Udara

Jika kamu memiliki bunga ini dirumah sebagai tanaman hias, salah satu manfaat yang ada padanya adalah sebagai tanaman yang dapat meningkatkan kualitas udara.

Sehingga rumah kamu bisa terasa lebih nyaman dan sejuk. Tanaman hias yang satu ini mampu menyerap berbagai zat beracun yang ada diudara.

Diantaranya benzena, formaldehida, trichloroethylene, xylene dan juga amonia.

Menyehatkan Mata

Selain sebagai tanaman yang menyejukkan ruangan didalam rumah. Tanaman ini juga dapat menyehatkan pandangan mata kita.

Jika kamu duduk didekat bunga janda bolong dan memandang daunnya yang memiliki bentuk yang indah itu, maka tentu saja pandangan mata akan terasa lebih nyaman dan sejuk.

Apalagi bagi kita yang kesehariannya bekerja didepan layar, pasti mata kita terasa tegang. Memandang tanaman hias akan dapat membantu mata menjadi rilesk dan tenang.

Selain itu, tanaman ini juga dipercaya mampu menyerap kandungan kimia yang sering menimbulkan sakit kepala, pusing, iritasi mata, gangguan saluran pernapasan dan juga reaksi alergi.

Memberikan Kesan yang Elegan

Tanaman hias yang satu ini memiliki bentuk yang menarik dan unik. Daunnya yang lebar serta berlubang-lubang (bolong) menjadikannya sebagai tanaman hias yang elegan.

Penempatannya didalam rumah ataupun ruangan, akan dapat memberikan kesan yang elegan serta lebih terasa alami.

Meningkatkan Mood

Karena tanaman ini dipercaya mampu meningkatkan dan menyegarkan kualitas udara didalam rumah. Pastinya tanaman ini juga bisa meningkatkan mood pemiliknya.

Kesan alami yang dirasakan didalam ruangan dengan adanya tanaman ini, dipercaya mampu meningkatkan mood kamu disaat sedang bosan dan lelah karena terlalu lama berdiam dirumah.

Cara Merawat Bunga Janda Bolong

cara merawat janda bolong agar subur
klikhijau.com

Meskipun cukup mudah dalam perawatannya, namun kamu tetap harus melakukan perawatan yang rutin terhadap bunga ini.

Nah, bagaimanakah cara melakukan perawatan pada bunga janda bolong? berikut penjelasannya.

Perhatikan Kondisi Tanah

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam melakukan perawatan bunga janda bolong adalah kondisi tanah.

Pastikan kondisi tanahnya tidak terlalu basah atau terlalu kering. Dan jenis tanah yang bagus untuk menempatkan bunga ini adalah jenis tanah gambut

Gambut sendiri dipercaya mampu menahan kelembapan tanah tanpa membuatnya tergenang air. Dan jangan lupa untuk menggunakan pot yang memiliki drainase yang besar.

Memberinya Pupuk

Pemberian pupuk pada tanaman ini akan sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, sehingga dapat tumbuh dan berkembang dengan subur.

Pemberian pupuk biasanya dilakukan diawal penanaman, dan pemupukan lanjutan saat tanaman semakin bertumbuh besar.

Selain bertujuan untuk menjadikannya tumbuh lebih subur, pemberian pupuk juga berguna untuk membuatnya terhindar dari serangan hama dan penyakit.

Menyiraminya Secara Rutin

Penyiraman yang rutin sangat dibutuhkan pada tanaman hias apapun. Karena kekurangan air yang cukup lama dapat membuat tanaman menjadi layu kemudian mati.

Penyiraman bisa dilakukan setiap pagi dan sore, dan sebisa mungkin untuk tidak menyiramnya di siang hari karena dapat mengganggu proses fotosintesis.

Namun juga perlu kamu ketahui, penyiraman juga seharusnya tidak terlalu berlebihan, agar tidak merusak pertumbuhannya. Karena terlalu banyak air juga dapat menjadikannya cepat membusuk dan mati.

Letakkan Pada Area Dengan Cahaya Matahari yang Cukup

Pastikan bunga ini memiliki penyinaran matahari yang cukup, artinya tidak terlalu ditempatkan ditempat yang panas, atau ditempat yang terlalu tertutup.

Karena apabila terkena sinar matahari yang terlalu kuat dapat mengakibatkan daunnya kering dan berwarna gelap.

Namun juga jangan diletakkan ditempat yang tertutup, karena kurangnya sinar matahari padanya juga akan membuatnya terhambat pertumbuhannya.

Salah satu tempat yang paling cocok untuk penempatan bunga ini adalah disamping jendela, atau ditempat terbuka dengan jaring-jaring diatasnya.

Akhir Kata

Nah itulah pembahasan seputar bunga janda bolong, semoga semakin bermanfaat untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan mengenai jenis-jenis tanaman dan bunga.

Default image
Reza el Ichsan
Orang desa yang bercita-cita menjadi Full Stack Developer
Articles: 37

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Tulis komentarmu sob...