Ikan Bawal (Klasifikasi, Habitat, Kandungan, Manfaat, Jenis & Harganya)

Ikan Bawal ~ merupakan jenis ikan yang hidup di air tawar dan air laut. Ikan ini juga termasuk jenis ikan air tawar yang sering di konsumsi.

Ikan bawal sendiri berasal dari perairan sungai Amazon dan Orinako, Amerika Selatan, dan merupakan jenis ikan yang banyak disukai orang.

Rasanya yang lezat dan juga harganya yang cukup terjangkau, menjadikan ikan ini banyak diburu, baik untuk dikonsumsi maupun dijadikan ternak untuk membuka peluang usaha.

Klasifikasi Ikan Bawal

Dalam bahasa Inggris ikan bawal disebut juga dengan nama Pomfred. Sedangkan nama ilmiahnya adalah Colossoma macropomum.

Menurut Ahli perikanan yang bernama Saanin (1968 – 1984), klasifikasi ikan bawal adalah sebagai berikut :

PhyllumChordata
ClassisActinopterygii
OrdoCharaciformes
FamiliaCharasidae
GenusColossoma
SpesiesColossoma macropomum

Ciri-Ciri Morfologi Ikan Bawal

Ciri ciri morfologi ikan bawal dapat dilihat dari bagian samping tubuhnya. Memiliki bentuk oval dengan perbandingan panjang dan tinggi tubuhnya 2 : 1 (dua banding satu).

Ikan ini juga memiliki bentuk tubuh yang pipih dengan perbandingan antara tinggi dan lebar tubuhnya ialah 4 : 1 (empat banding satu).

Ikan bawal mempunyai dua sirip dibagian punggungnya, yang letaknya agak kebelakang. Postur tubuhnya agak bulat, bentuk tubuhnya pipih, memiliki ukuran sisik yang kecil.

Bentuk kepalanya juga agak bulat, dengan lubang hidung yang nampak besar, sirip dadanya berada dibawah tutup insang, selain itu antara sirip perut dan sirip dubur terpisah.

Ikan ini memiliki warna punggung abu-abu tua, dengan warna putih abu-abu dan merah pada bagian perutnya. Pada bagian sirip ekor bawal berbentuk homocercal.


Lambung pada ikan bawal berkembang dengan baik, panjang ususnya sekitar 2 – 2,5 dari panjang badannya. Ikan ini juga memiliki daerah pernafasan yang lebih luas dibandingkan jenis ikan air tawar lainnya.

Hal tersebut menjadikan ikan ini dapat bertahan hidup meskipun dengan kandungan oksigen yang rendah.

Pada bagian tubuh ventral bawal dan disekitar sirip dada bawal muda memiliki warna merah. Warna merah tersebut akan memudar seiring dengan pertumbuhannya.

Ikan bawal memiliki gigi yang besar dan tajam, fungsinya ialah berguna untuk memecah biji-bijian ataupun buah yang menjadi makanannya.

Habitat Ikan Bawal Air Tawar

Cara hidup bawal tidak jauh berbeda dengan jenis ikan air tawar lainnya. Yakni hidup pada lingkungan air yang baik dan sesuai untuk kelangsungan hidupnya.

Di Brasil, ikan ini banyak ditemukan di daerah sungai Amazon dan sering juga ditemukan di sungai Orinoco, Venezuela.

Bawal hidup secara bergerombol pada aliran sungai yang deras, namun juga dapat dijumpai pada aliran air yang tenang, terutama ketika masih benih.

Sebagai organisme air, ikan ini memerlukan oksigen yang terlarut dalam air untuk kelangsungan hidupnya.

Kandungan oksigen yang dibutuhkan ikan ini agar dapat berkembang dengan baik berkisar antara 2,4 hingga 6 ppm, jika kandungan karbohirat yang dibutuhkan berkisar 5,6 ppm.

Ikan bawal yang hidupnya didaerah subtropis membutuhkan kandungan oksigen sekitar 2 ppm, serta karbondioksida sekitar 12 ppm.

Sedangkan kondisi suhu yang baik untuk bawal hidup ialah antara 27,7o hingga 29,1o C.

Jenis Ikan Bawal

Adapun jenis-jenis ikan bawal, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Bawal Hitam

Meskipun disebut dengan nama bawal hitam, namun warna ikan ini sebenarnya tidak serta merta menunjukkan warna hitam.

Di Indonesia, bawal hitam dapat ditemukan di daerah Sulawesi Selatan, Laut Jawa, Laut Malaka, dan di beberapa tempat lainnya di Indonesia.

Bawal hitam memiliki nilai ekonomi yang tinggi, karena memiliki ukuran tubuh yang lebih lebar.

  • Bawal Putih

Bawal putih juga disebut dengan ikan perak, karena seluruh tubuhnya berwarna putih seperti halnya perak.

Bawal putih merupakan jenis bawal yang hidup di air asin (air laut). Seperti hanya bawal hitam, ikan ini juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

  • Bawal Air Tawar

Bawal air tawar memiliki warna yang berbeda dan bentuk tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan bawal hitam maupun bawal putih.

Bawal air tawar diketahui dapat tumbuh dan berkembang hingga mencapai berat 2 kg. Bawal air tawar juga bernilai ekonomi tinggi karena rasa dagingnya yang lezat.

  • Bawal Bintang

Bawal bintang merupakan jenis ikan bawal yang hidup di air laut. Ikan ini memiliki bentuk pipih seperti ketupat.

Bawal bintang biasanya hidup berkelompok seperti halnya jenis bawal lainnya. Jenis bawal ini juga yang paling banyak dicari oleh nelayan, karena banyak diminati oleh masyarakat.

Kandungan Gizi

Energi91 kkal
Lemak Total1.70 g
Karbohidrat Total0 9
Protein19 g
Natrium129 mg
B-Karoten0 mcg
Karoten Total
Air78 g
Abu1.30 g

Manfaat Ikan Bawal

Seperti halnya ikan konsumsi lainnya, selain rasanya yang lezat, ikan ini juga memiliki beragam manfaat yang baik bagi tubuh.

Adapaun manfaat bawal antara lain ialah :

  • Menajaga Kesehatan Kulit

Salah satu vitamin yang terkandung pada daging bawal ialah vitamin D2 dan D3, yang dapat membantu mengurangi resiko penyakit kulit.

  • Membantu Tumbuh Kembang Anak

Daging bawal diketahui memiliki banyak kandungan nutrisi dan gizi yang baik, tentunya hal ini sangat berguna untuk membantu proses pertumbuhan pada anak.

Kandungan vitamin D pada bawal juga sangat berguna untuk menjaga kesehatan sekaligus membantu pertumbuhan tulang pada anak.

  • Mencegah Rakhitis

Rakhitis merupakan jenis penyakit yang menyerang tulang pada anak-anak. Penyakit tersebut dapat disebabkan oleh kurangnya asupan Vitamin D dan mineral tulang, sehingga dapat mengganggu perkembangan pada tulang.

Dengan mengkonsumsi daging bawal dipercaya menjadi salah satu solusi yang tepat. Sebab ikan ini diketahui mengandung Vitamin D yang dibutuhkan oleh tulang.

  • Meningkatkan Pertumbuhan Otak

Daging bawal diketahui mengandung DHA dan EPA, merupakan lemak moega-3 yang baik bagi tubuh.

Bawal sendiri memiliki respon positif untuk neuro kognitif pada anak-anak. Sehingga hal inilah yang menjadi alasan mengapa anak-anak sangat baik diberi asupan makanan berupa daging bawal dengan teratur.

  • Mengurangi Depresi

Mengkonsumsi bawal dengan teratur mampu mengurangi resiko depresi. Penyebab depresi sendiri dapat disebabkan oleh karena rendahnya asam lemak omega-3.

Sehingga dengan mengkonsumsi daging bawal dengan benar dan teratur dapat memenuhi kebutuhan gizi asam lemak tersebut.

  • Menurunkan Resiko Kanker Payudara

Mengkonsumsi daging bawal dengan teratur dapat berguna untuk menekan resiko terkena kanker payudara. Karena bawal dapat mencegah adanya penggandaan sel kanker didalam tubuh.

Harga Ikan Bawal

Harga bawal berikut ini bisa berubah sewaktu-waktu, selain itu dibeberapa tempat yang berbeda mungkin harganya juga berbeda.

Jadi jika kamu ingin membeli ikan ini, pastikan harganya sesuai dengan didaerah kamu ya.

Bawal Hitam60 – 65k
Bawal Putih50 – 55k
Bawal Air Tawar20 – 30k
Bawal Bintang60 – 70k

Baca juga artikel tentang ikan gabus dengan segala banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia.

Penutup

Jadi bawal merupakan jenis ikan konsumsi yang bisa ditemukan di perairan asin (air laut), juga di perairan tawar, seperti sungai ataupun rawa-rawa.

Masakan apakah yang paling kamu suka dari olahan daging bawal sob? Tulis di kolom komentar ya. Terima kasih semoga bermanfaat.

Sumber :

Default image
Reza el Ichsan
Orang desa yang bercita-cita menjadi Full Stack Developer
Articles: 40

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Tulis komentarmu sob...