Manfaat Daun Jati

Manfaat Daun Jati – Pohon jati merupakan salah satu tanaman yang banyak tumbuh di daerah tropis, termasuk di Indonesia. Salah satu manfaat jati adalah sebagai penghasil kayu dengan kualitas yang tinggi.

Pohon jati memiliki nama ilmiah Tectona grandis. Pohon jati memiliki daun dengan berbentuk elips yang lebar dan dapat mencapai 30 hingga 60 cm ketika sudah tumbuh dewasa.

Selain dimanfaatkan kayunya karena memiliki mutu yang berkualitas tinggi, daun jati ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Adapaun manfaat daun jati, diantaranya adalah sebagai berikut.

Melawan Bakteri Penyebab Penyakit

Penelitian yang dilakukan pada daun jati, menunjukkan bahwasanya daun jati memiliki karakteristik yang dapat melawan Listeria monocytogenes yang banyak ditemukan pada makanan.

Bakteri tersebut merupakan bakteri yang menyebabkan listeriosis. Selain itu, daun jati juga bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus dan juga beberapa bakteri penyebab infeksi lainnya.

Membantu Proses Penyembuhan Luka

Bagian depan daun jati dapat dimanfaatkan sebagai obat yang dapat membantu menyembuhkan luka, terutama pada luka lepuh atau luka akibat terbakar.

Penelitian yang dilakukan ini mengevaluasi ekstrak hydrochloric dari daun jati pada tikus. Hasilnya menunjukkan bahwasanya, daun pohon jati mampu mempercepat proses penyembuhan luka bakar dengan memperbaiki sel-sel dan jaringan-jaringan kulit yang rusak.

Berfungsi Sebagai Perawatan Kulit

Selain dapat membantu menyembuhkan luka bakar di kulit, daun jati juga dapat dimanfaatkan sebagai herbal perawatan kulit alami, yakni sebagai agen antiradang pada kulit.

Untuk melakukannya, caranya cukup mudah, yakni sobat cukup mengambil sari daun jati dengan cara diperas atau digerus terlebih dahulu.

Kemudian, sobat dapat memanfaatkan untuk mengobati berbagai jenis penyakit pada kulit yang disebabkan peradangan seperti jerawat, dan juga dapat digunakan untuk membantu mengatasi kulit yang terasa gatal.

Sebagai Anti Jamur

Aktivitas yang terjadi pada ekstrak daun jati dapat melawan jamur jenis A.phaeospermum. Daun jati kering yang telah diambil sarinya oleh para peneliti, menunjukkan bahwasanya salah satu khasiat yang terkandung dari daun jati adalah untuk mencegah pertumbuhan jamur.

Sebagai Antioksidan

Daun pohon jati juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal bahaya radikal bebas.

Didalam daun jati, terdapat komponen phenolic yang memiliki agen antioksidan yang sangat baik. Radikal bebas sendiri dapat berbahaya karena dapat menjadi penyebab tumbuhnya sel kanker dan penuan dini.

Mengurangi Gejala Asma

Daun pohon jati juga memiliki manfaat sebagai obat untuk mengurangi dan mencegah penyakit asma.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada model binatang, ditemukan bahwasanya eksktrak daun pohon jati memiliki efek yang signifikan sebagai obat anti asma.

Sebagai Obat Cacingan

Daun jati juga dipercaya sebagai obat anti cacingan yang mampu melawan infeksi parasit seperti cacing.

Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui khasiat daun jati dalam membunuh cacing dilakukan dengan menentukan waktu kelumpuhan dan kematian cacing terhadap obat standard piperazine citrate.

Dari penelitian tersebut dihasilkan bahwasanya daun pohon jati memiliki efek yang cukup ampuh untuk melawan penyakit yang disebabkan oleh cacing.

Agen Diuretik

Diuretik merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk pada suatu kondisi, sifat atau penyebab naiknya laju urinasi.

Kandungan yang terdapat dalam daun jati dipercaya dapat membantu diuretik didalam tubuh, sehingga tubuh akan menjadi lebih sering untuk buang air kecil.

Menurut Phalphale, aqueous extract dari daun jati itulah yang memiliki efek diuretik.

Merangsang Pertumbuhan Rambut

Minyak yang dihasilkan dari ekstrak daun jati juga dipercaya dapat digunakan untuk mempercepat proses pertumbuhan rambut. Selain pada daunnya, biji dari tanaman jati juga dapat dipakai sebagai hair tonic.

Jadi jika sobat memiliki rambut yang rontok atau ingin memanjangkan rambut, mungkin minyak yang dihasilkan dari daun jati ini akan bermanfaat untuk membantu masalah sobat.

Agen Laksatif

Daun pohon jati mampu bekerja sebagai perangsang dan mendorong keluarnya feses atau kotoran dari usus. Sehingga dapat digunakan sebagai laksatif atau pencahar alami.

Oleh karenanya, daun pohon jati ini juga bermanfaat bagi sobat yang sedang mengalami keadaan untuk buang air besar (BAB)

Fungsi Lain Daun Pohon Jati

Selain memiliki banyak manfaat sebagai obat herbal alami, ternyata daun jati juga memiliki berbagai manfaat lainnya.

Di Jawa, daun pohon jati sendiri banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembungkus alami, termasuk sebagai pembungkus makanan.

Nasi yang dibungkus menggunakan daun jati mampu memberikan cita rasa yang lebih nikmat. Di Jogjakarta, daun jati juga banyak digunakan sebagai pembungkus tempe.

Jadinya multimanfaat ya daun pohon jati ini, selain sebagai obat herbal ternyata juga dapat dimanfaatkan di bidang kuliner.

Jadi, itulah beberapa manfaat yang terdapat dari daun pohon jati yang sangat berguna didunia kesehatan dan tentu saja di dunia kuliner.

Default image
Reza el Ichsan
Orang desa yang bercita-cita menjadi Full Stack Developer
Articles: 40

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Tulis komentarmu sob...