Manfaat Daun Kemangi

Manfaat Daun Kemangi – Kemangi merupakan tanaman terna kecil yang daunnya banyak dimanfaatkan untuk dikonsumsi sebagai lalapan. Aroma daunnya sangat khas, kuat namun tetap lembut.

Aromanya yang khas, menjadikannya dimanfaatkan sebagai salah satu bumbu untuk pepes. Sedangkan daun kemangi yang dimanfaatkan sebagai lalapan, biasanya dimakan bersama kubis, irisan mentimun, dan sambal untuk ayam geprek dan pecek lele.

Tumbuhan kemangi merupakan hibrida antarspesies antara dua spesies selasih. Aroma khas yang dikeluarkan kemangi berasal dari kandungan sitral yang tinggi pada daun dan bunganya.

Kemangi banyak tumbuh di Asia dan Amerika. Di Jawa, tumbuhan ini biasanya ditanam di kebun-kebun, pagar-pagar dipinggir jalan, dilapangan dan di huma-huma.

Selain dikenal sebagai tumbuhan untuk dikonsumsi sebagai lalap ataupun bumbu masakan, ternyata kemangi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Apa sajakah manfaatnya? Berikut adalah manfaat daun kemangi untuk kesehatan.

Manfaat Daun Kemangi Untuk Mencegah Demam Berdarah

Demam berdarah merupakan penyakit yang disebabkan oleh salah satu dari 4 virus dengue. Demam berdarah mudah sekali menular.

Sarana penularan penyakit demam berdarah sendiri biasanya berasal dari gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albocpictus.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi penularan penyakit demam berdarah ialah dengan memanfaatkan daun kemangi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Agromedicine and Medical Sciences menunjukkan bahwasanya ekstrak daun kemangi dapat dimanfaatkan sebagai insektisida dalam bentuk obat nyamuk bakar yang dapat mencegah gigitan nyamuk penyebab demam berdarah.

Daun kemangi diketahui memiliki kandungan flavonoid, saponin, tanin dan juga minyak atsiri yang berguna sebagai racun bagi nyamuk.

Akan tetapi, efektivitas insektisida alami dari ekstrak daun kemangi masih lebih rendah dibandingkan produk insektisida yang diproduksi pabrikan.

Manfaat Daun Kemangi Dalam Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas ialah senyawa kimia yang memiliki sifat tidak stabil dan reaktif. Paparan radikal bebas bisa melalui makanan, obat-obatan, aktivitas sehari-hari, dan juga bisa disebabkan oleh paparan polusi.

Paparan radikal bebas yang dibiarkan menumpuk didalam tubuh bisa menjadi masalah yang serius. Menurut Harvard School of Public Health, reaksi kimia yang disebabkan oleh radikal bebas didalam tubuh bisa menyebabkan membran dan jaringan sel menjadi rusak.

Hal ini tentunya dapat meningkatkan beragam resiko penyakit degeneratif, salah satunya ialah penyakit kanker.

Kandungan flavonoid daun kemangi yaitu apigenin bisa dimanfaatkan sebagai antiradikal bebas. Jika dilakukan dengan teratur dalam penggunaannya, hal ini dapat membantu mengurangi resiko seseorang terkena neoplasma dan kanker.

Namun untuk mengonfirmasi lebih lanjut soal manfaat daun kemangi anti tumor dan anti kanker ini, masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Manfaat Daun Kemangi Untuk Meredakan Stress

Kemangi memiliki beragam khasiat yang banyak digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional.

Penelitian yang dilakukan terhadap daun kemangi dapat membantu mengatasi stress fisik, metabolisme, hingga psikologis dengan kombinasi pengobatan yang benar sesuai resep dokter.

Daun kemangi diketahui dapat membantu melindungi organ dan juga jaringan terhadap stress kimia akibat paparan polutan industri, logam berat, aktivitas fisik yang berlebihan, hingga oleh tekanan biologis.

Selain itu, daun kemangi juga dapat membantu melawan stress metabolik dengan cara mengendalikan kadar gula darah, tekanan darah, dan juga kadar lipid. Hal ini karena daun kemangi memiliki sifat anticemas dan antidepresan.

Membersihkan Kulit Secara Mendalam

Polusi, debu, panas, kotoran dan juga pemakaian kosmetik setiap hari dapat berdampak serius bagi kesehatan kulit wajah.

Kurangnya perhatian yang ekstra pada kebersihan kulit, dapat menyebabkan kotoran menyumbat pori-pori, sehingga dapat muncul gangguan pada kulit.

Daun kemangi sendiri dipercaya memiliki manfaat bagi kulit, yakni dengan memberikan efek pembersihan yang dalam dan juga menyeluruh. Selain dapat menghilangkan kotoran dikulit, daun kemangi juga mampu mengangkat minyak berlebih pada kulit wajah.

Untuk menggunakan kemangi sebagai pembersih kulit wajah. Ambillah segenggang daun kemangi, haluskan dan tambahkan air hingga memiliki tekstur seperti adonan pasta. Lalu oleskan adonan tersebut pada wajah dan diamkan 10 hingga 15 menit.

Setelah itu, bilas hingga bersih menggunakan air. Kemudian gunakan produk skin care seperti biasanya.

Manfaat Daun Kemangi Dalam Mencerahkan Kulit

Paparan sinar UV, polusi dan produksi melanin yang berlebih dapat menjadikan warna kulit menjadi tidak merata. Namun jangan khawatir, karena daun kemangi bisa menjadi solusi dari masalah tersebut.

Daun kemangi memiliki kandungan minyak esensial yang dapat membantu menutrisi dan melembabkan, dan juga memperbaiki warna kulit yang tidak merata.

Untuk mencerahkan kulit dengan menggunakan daun kemangi. Capurkan daun kemangi dengan gram flour dan air. Aduk hingga merata, Kemudian oleskan di seluruh bagian wajah. Tunggu hingga kering, lalu bilas dengan air bersih dan sabun wajah.

Manfaat Daun Kemangi Dalam Mengatasi Masalah Jerawat

Melansir dari Be Beautiful, daun kemangi memiliki sifat antiinflamasi, dan juga antibakteri yang dipercaya dapat membantu membersihkan darah dan juga mampu membuang racun dan bakteri didalam kulit.

Kandungan daun kemangi juga dapat berperan sebagai astringent, yang dapat menyerap minyak berlebih dan juga menjaha kelembapan kulit dengan maksimal.

Membantu Mengurangi Peradangan

Ekstrak daun kemangi juga dipercaya efektif dalam membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan pada tubuh.

Dari sebuah penelitian yang dilakukan, menyebutkan bahwasanya mengoleskan ekstrak daun kemangi dapat membantu mengurangi pembengkakan hingga 73%, pada 24 jam setelah penggunaannya.

Hal tersebut terjadi karena kandungan beta-caryophyllene yang terdapat didalam daun kemangi sebagai agen antiinflamasi.

Kandungan Nutrisi Daun Kemangi

Biasanya daun kemangi sering digunakan langsung sebagai lalapan pada berbagai jenis kuliner di Indonesia. Karena memiliki rasa yang enak, daun kemangi juga memiliki aroma yang segar.

Namun tidak hanya itu, daun kemangi juga memiliki beragam manfaat yang telah disebutkan diatas, dan tentu saja masih banyak manfaat lainnya dari daun kemangi yang belum dijelaskan di sini.

Daun kemangi diketahui juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik. Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia (DKPI), 100 gr daun kemangi segar memiliki kandungan sebagai berikut.

  • Air : 83,1 gram
  • Kalori : 62 kkl
  • Protein : 4.0 gram
  • Lemak : 0,5 gram
  • Karbohidrat : 10,5 gram
  • Serat : 5,3 gram
  • Kalsium : 122 miligram
  • Fosfor : 16 miligram
  • Zat Besi : 13,9 miligram
  • Natrium : 3 miligram
  • Kalium : 650,6 miligram
  • Tembaga : 0,4 miligram
  • Seng : 0,7 miligram
  • Retinol (Vit. A) : 0,0 mikrogram
  • Beta Karoten : 4, 112 mikrogram
  • Thiamin (Vit. B1) : 0,5 miligram
  • Riboflavin (Vit. B2) : 0,1 miligram
  • Niacin (Vit. B3) : 0,2 miligram
  • Vitamin C : 24 miligram

Nah ada banyak sekali manfaat dan kandungan nutrisi dalam tanaman kecil dan mungil ini. Beragam manfaatnya yang ada tentu akan semakin berdampak baik bagi kesehatan tubuh bila digunakan secara benar dan dalam porsi yang semestinya.

Oleh karena itu, gunakan sesuai kebutuhan dan jangan terlalu berlebihan pula, karena penggunannya yang terlalu berlebihan juga tidak begitu baik. Perlahan namun pasti, yang terpenting dapat bermanfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Sekian tulisan mengenai manfaat daun kemangi untuk kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.

Default image
Reza el Ichsan
Orang desa yang bercita-cita menjadi Full Stack Developer
Articles: 37

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

One comment

Tulis komentarmu sob...