Manfaat Daun Singkong

Manfaat Daun Singkong – Ketela pohon, ubi kayu atau yang biasa kita sebut singkong (Manihot esculenta) merupakan perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae. Umbinya banyak dimanfaatkan sebagai makanan pokok karena mengandung karbohidrat, sedangkan daunnya banyak dimanfaatkan sebagai olahan sayuran.

Biasanya singkong dimasak dengan berbagai cara, mulai dari direbus hingga sebagai pelengkap masakan. Singkong juga banyak diolah menjadi tepung yang dapat dimanfaatkan sebagai pengganti tepung gandum, sehingga cocok untuk penderita alergi.

Daun singkong yang pada umumnya dimanfaatkan sebagai sayuran, ternyata memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Nah apa sajakah manfaat daun singkong untuk kesehatan, berikut penjelasannya.

Manfaat Daun Singkong


Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun singkong memiliki kandungan Vitamin C dan folat cukup tinggi, yang ternyata mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C, memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh untuk melawan bakteri dan juga virus serta untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Sedangkan folat (Vitamin B9) berguna untuk membantu meningkatkan produksi sel dengan menghindari mutasi DNA.

Membantu Mengatasi Radang Sendi

Daun singkong memiliki kandungan mineral magnesium yang baik untuk mengatasi radang sendi. Kandungan mineral pada daun singkong menawarkan banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya ialah sebagai obat untuk mengurangi peradangan.

Jika sobat memiliki keluhan terhadap radang sendi, maka daun singkong ini memungkinkan dapat mengurangi sakit yang sobat derita. Hal ini karena kandungan magnesium yang terdapat pada daun singkong. Karena, asupan magnesium yang cukup dapat membantu mengembangkan dan memadatkan tulang.

Selain dapat mengurangi resiko radang sendi, kandungan magnesium dalam daun singkong, juga dapat meminimalkan risiko patah tulang apabila dikonsumsi dengan cara yang benar.

Manfaat Daun Singkong Untuk Melancarkan Asi

Manfaat yang ada dalam daun singkong juga dapat dirasakan oleh Ibu yang sedang menyusui. Hal ini dikarenakan, daun singkong dipercaya mampu meningkatkan produksi air susu Ibu (ASI).

Selain itu, kandungan vitamin dan mineral dalam daun singkong juga dapat meningkatkan kualitas pada ASI itu sendiri.

Manfaat Daun Singkong Untuk Mencegah Gizi Buruk

Walaupun daun singkong terlihat seperti halnya sayuran yang sederhana, namun hidangan ini mengandung total asam amino esensial yang hampir sama dengan jumlah protein pada telur ayam.

Bahkan, apabila dibandingkan dengan sayuran lainnya, seperti bayam, kacang kedelai, oat, dan beras, asam amino esensial pada daun singkong terbukti memiliki kandungan yang lebih tinggi.

Membantu Melancarkan Buang Air Besar

Daun singkong juga memiliki kandungan serat yang bermanfaat untuk melunakkan feses. Sehingga dapat mencegah terjadinya konstipasi. Namun sebaliknya, serat juga dapat memadatkan feses jika sedang mengalami diare.

Sistem saluran pembuangan yang lancar, tentunya akan sangat baik dan menyehatkan sistem pencernaan secara menyeluruh. Apabila sistem pencernaan sehat, maka sobat bisa terhindar dari beragam penyakit, seperti wasir, divertikular, hingga kanker usus besar.

Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Mengkonsumsi daun singkong dengan batas tertentu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang terdapat di dalam darah.

Studi juga mencatat, bahwasanya makanan yang kaya akan kandungan serat juga dapat menyehatkan janutung, mengurangi peradangan, dan juga menurunkan tekanan darah.

Namun usahakan tetap jangan mengombinasikan olahan daun singkong dengan santan atau olahan makanan lainnya yang justru dapat menjadi penyebab meningkatnya kolesterol.

Menstabilkan Kadar Gula Darah dan Mencegah Kanker

Bagi penderita diabetes, kandungan serat dalam daun singkong dapat membantu memperlambat penyerapan gula yang terkandung didalam makanan. Sehingga kadar gula darah menjadi lebih stabil.

Mengkonsumsi dengan rutin daun singkong juga dapat membantu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Daun singkong juga mengandung zat antioksidan, yakni polifenol. Salah satu fungsinya ialah untuk mencegah kanker.

Selain itu mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan antioksidan juga dapat menurunkan risiko penyakit tertentu, misalnya sakit jantung.

Daun singkong, selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, ternyata juga bermanfaat bagi Ibu yang sedang hamil. Hal ini karena daun singkong memiliki kandungan berbagai zat dan nutrisi penting bagi Ibu hamil, seperti zat besi, asam folat dan juga Vitamin C.

Nah apa sajakah manfaat daun singkong untuk Ibu hamil?.

Manfaat Daun Singkong Untuk Ibu Hamil


Untuk Mencegah Anemia

Daun singkong bagi Ibu hamil bermanfaat sebagai sumber zat besi. Zat besi berfungsi untuk meningkatkan pasokan oksigen dalam darah dan mencegah anemia.

Pada saat masa kehamilan, pasokan darah juga oksigen harus ditingkatkan untuk membantu memenuhi kebutuhan oksigen dan juga nutrisi bagi janin dalam kandungan.

Kekurang zat besi pada Ibu hamil, dapat menyebabkan anemia. Anemia merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi pada Ibu yang sedang hamil.

Mencegah Gangguan Perkembangan Janin

Daun singkong memiliki kandungan asam folat yang sangat penting untuk mencegah terjadinya gangguan perkembangan pada janin.

Mengkonsumsi daun singkong untuk Ibu hamil disarankan sejak masa awal-awal kehamilan. Yakni 12 minggu pertama usia kehamilan. Pada fase ini, Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi asam folat sebanyak 400 mg per harinya.

Menjaga Kesehatan Janin

Kandungan Vitamin C dalam daun singkong sangat bermanfaat bagi Ibu hamil yang berfungsi untuk menjaga sistem imun tubuh sekaligus sebagai antioksidan.

Vitamin C pada daun singkong berperan untuk menjaga kesehatan dan juga mencegah terjadinya infeksi yang rentan terjadi pada Ibu yang sedang hamil. Kandungan Vitamin ini juga berguna dalam mendukung perkembangan janin yang sehat.

Kandungan Daun Singkong

Dibandingkan dengan ubi singkongnya, daun singkong justru menawarkan banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh.

Selain memiliki cita rasa yang lezat jika diolah sebagai sayuran, daun singkong juga mengandung berbagai nutrisi termasuk vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Adapaun berikut ini adalah kandungan yang terdapat pada daun singkong.

  • Energi : 50 kal
  • Protein : 6,2 g
  • Lemak : 1,1 g
  • Karbohidrat : 7,1 g
  • Serat : 2,4 g
  • Kalsiu : 166 mg
  • Fosfor : 99 mg
  • Besi : 1,3 mg
  • Natrium : 17 mg
  • Kalium : 23,1 mg
  • Seng (zinc) : 2 mg
  • Beta Karoten : 3,204 mcg
  • Karoten Total : 7,052 mcg
  • Tiamin (Vit. B1) : 0,04 mg
  • Riboflavin (Vit. B2) : 0,1 mg
  • Niasin : 1,8 mg
  • Vitamin C : 103 mg

Nah itulah beragam manfaat daun singkong yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan juga bagi Ibu yang sedang hamil.

Mengkonsumsinya secara tepat tentunya akan memberikan efek yang baik bagi tubuh. Namun jangan sampai berlebihan ya, sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu tips mengkonsumsi daun singkong yang baik sehingga menyehatkan tubuh.

Default image
Reza el Ichsan
Orang desa yang bercita-cita menjadi Full Stack Developer
Articles: 37

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Tulis komentarmu sob...