Peraturan Permainan Bola Basket

Bola basket dimainkan oleh dua regu, masing-masing regu terdiri atas 5 orang pemain. Tiap regu berusaha memasukkan bola ke ring lawan dan mencegah lawan memasukkan bola ke ring (mencetak angka).

Selama permainan, bola boleh dioper, dilempar, ditepis, digelindingkan, ataupun dipantulkan ke segala arah sesuai dengan kebutuhan.

Pertandingan tidak dapat dimulai apabila pemain salah satu regu belum semua berada di lapangan.

Apabila dalam jangka waktu 15 menit setelah waktu pertandingan yang ditentukan pemain regu tersebut belum juga berada dilapangan, maka regu yang lain dinyatakan menang WO (Walk Out).

Setiap regu diberikan time out maksimal 2 kali dalam tiap babak dan 1 kali pada babak tambahan.

Waktu Pertandingan

Pertandingan bola basket berlangsung dalam dua babak. Masing-masing babak berlangsung selama 20 menit dengan waktu istirahat 10 menit.

Waktu istirahat dapat diperpanjang menjadi 15 menit apabila diperlukan dan atas kesepakatan kedua regu yang bertanding.

Posisi Pemain

Kelima pemain dalam tiap regu menempati posisi masing-masing sesuai dengan tugasnya. Dua pemain bertugas sebagai penyerang dan berada di posisi depan kanan dan kiri (right forward dan left forward).

Dua pemain bertugas sebagai benteng pertahanan tim dan berada di posisi belakang kanan dan kiri (right guard dan left guard).

Sedangkan satu pemain yang lain bertugas sebagai penyerang dan juga sebagai penjaga tengah lapangan dan berada di posisi tengah lapangan (center).

Permulaan Permainan

Permainan bola basket dimulai dengan bola loncat (jump ball) yang dilakukan pada lingkaran tengah lapangan oleh seorang wasit.

Satu pemain dari masing-masing regu berdiri di dalam setengah lingkaran di tengah lapangan dan wasit berada diantara mereka.

Bola loncat tersebut akan diperebutkan oleh kedua pemain yang masing-masing mewakili regunya.

Bola Hidup dan Bola Mati

Dalam permainan bola basket dikenal dua istilah untuk menyatakan keadaan bola, yaitu bola hidup dan bola mati, berikut penjelasannya.

Bola hidup

  • Bola loncat (jump ball).
  • Bola dari pemain yang melakukan tembakan bebas.
  • Bola dari pemain yang melakukan tembakan dari luar lapangan.

Bola mati

  • Bola yang masuk ke ring basket.
  • Bola pada saat wasit meniup peluit karena terjadi pelanggaran atau karena waktu habis.

Nilai Bola Masuk

Regu yang memasukkan bola hidup ke dalam ring basket lawan akan mendapatkan nilai. Adapun ketentuan nilainya adalah sebagai berikut.

  • Jika bola masuk dari atas, maka regu mendapat nilai dua.
  • Jika bola masuk dari daerah tiga angka (three point line), maka regu mendapat nilai 3.
  • Jika bola masuk dari hasil tembakan bebas, maka regu mendapat nilai 1.

Jadi tidak seperti permainan sepak bola, dari manapun bola itu masuk ke daerah lawan, maka akan di hitung 1 point atau 1 goal saja.


Penutupan

Nah sekarang sobat sudah tahu kan beberapa peraturan yang berlaku dari permainan bola basket. Jadi dengan begitu, dalam bermain bola basket sobat bisa lebih memahami tata cara permainan, seperti posisi pemain juga bola hidup dan juga bola mati.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *