Peraturan Permainan Bola Voli

Setelah mengetahui beberapa teknik dasar bola voli, kini saatnya untuk mengetahui beberapa peraturan yang harus diketahui oleh setiap pemain bola voli.

Dalam permainan bola voli, peraturan yang berlaku telah mengalami beberapa kali perubahan seiring dengan berkembanganya permainan bola voli.

Adapun beberapa peraturan tersebut akan kita bahas dibawah ini.

Posisi Pemain

Dalam permainan bola voli, setiap regu terdiri dari 12 orang pemain, dari ke 12 pemain tersebut 6 diantaranya bermain dilapangan dan 6 lainnya adalah pemain cadangan.

Posisi pemain dalam lapangan permainan bola voli ditentukan (dihitung) berlawanan arah dengan jarum jam, lebih jelasnya sobat bisa lihat gambar berikut.

[gambar]

Posisi Spiker

Spiker adalah pemain yang bertugas melakukan smash. Biasanya pemain yang menempati posisi ini memiliki kemampuan smash yang keras dan akurat, sehingga ditempatkan pada posisi-posisi sebagai berikut.

  • Spiker 1 ditempatkan pada posisi 4
  • Spiker 2 ditempatkan pada posisi 1
  • Spiker 3 ditempatkan pada posisi 5
  • Spiker 4 ditempatkan pada posisi 2

Posisi Tosser

Tosser sendiri merupakan pemain yang memiliki tugas untuk melakukan passing atas untuk mengumpan bola kepada spiker, posisi tosser sendiri berada di posisi 3 yakni tepat dibelakang net.

Posisi Allround Player

Pemain yang disebut allround player adalah pemain dengan kemampuan bertahan yang baik (defender), pemain ini juga dapat berperan sebagai penerima bola pertama dari lawan (reserver) dengan baik. Oleh karenanya, pemain ini ditempatkan pada posisi 6.

Dalam permainan bola voli, pada dasarnya posisi pemain terbagi menjadi dua kelompok sesuai daerah lapangan, yakni:

  • Pemain di posisi 2, 3 dan 4 merupakan kelompok penyerang (offensive) yang menempati daerah serangan pada lapangan sepanjang 3 meter dari net.
  • Pemain di posisi 1, 5 dan 6 merupakan kelompok bertahan (defensive) yang menempati daerah bertahan pada lapangan sepanjang 6 meter dari garis serang ke garis sisi belakang lapangan.

, Jadi selain sebagai spiker 1, tosser dan spiker 4, ketiga pemain ini berfungsi sebagai blocker, yakni pemain bertahan yang berusaha melakukan blok terhadap smash regu lawan.

Sedangkan tiga pemain lainnya, yakni spiker 2, spiker 3 dan juga allround player berfungsi sebagai benteng pertahanan belakang.

Peraturan Service

Peraturan-peraturan dalam permainan bola voli yang berkaitan dengan pelaksanaan service diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Service dilakukan disi luar lapangan bagian belakang sebelah kanan.
  • Server harus melakukan pukulan service dalam waktu 8 detik setelah wasit meniup peluit.
  • Bola service yang menyentuh net tapi masuk kedalam daerah lawan dianggap sah (bola hidup) dan dapat dimainkan.
  • Server yang telah melambungkan bola harus memukul bola tersebut.

Apabila regu yang mendapat giliran service memenangkan rally, maka tersebut memperoleh 1 angka dan melanjutkan service. Akan tetapi bila regu penerima service yang memenangkan rally, maka regu penerima service ini yang mendapatkan 1 angka.

Selain itu, regu penerima service ini juga mendapat giliran service, yaitu terjadi perpindahan hak untuk melakukan service.

Regu yang mendapat giliran service karena terjadi perpindahan hak service harus melakukan rotasi pemain terlebih dahulu searah jarum jam.

Setelah melakukan rotasi, pemain yang melakukan service adalah pemain yang berada di posisi server, yaitu posisi ke 1 (bagian kanan belakang lapangan).

Untuk lebih jelasnya mengenai rotasi pemain dalam permainan bola voli, sobat dapat memperhatikan gambar berikut ini :

[gambar]

Cara Menentukan Pemenang

Regu yang dikatakan sebagai pemenang pertandingan bola voli ialah regu yang terlebih dahulu memenangkan 3 set dari 5 set yang dipertandingkan.

Untuk memenangkan set ke-1, 2, 3 dan 4, setiap regu harus mengumpulkan 25 angka. Pada set ke 5 yang merupakan set penentu, banyak angka yang harus dikumpulkan oleh setiap regu agar dapat memenangkan set ini adalah 15 angka.

Pada set 1 sampai dengan set 4, jika terjadi angka 24 – 24 (deuce), maka set dilanjutkan sampai terjadi selisih 2 angka, yaitu salah satu regu mendapat 2 angka terlebih dahulu (24 – 26 atau 25 – 27 atau 26 – 28, dan seterusnya.

Pada set 5, jika terjadi angka 14 – 14 (deuce), maka set ini dilanjutkan sampai salah satu regu unggul 2 angka terlebih dahulu ( 14 – 16 atau 15 – 17 atau 16 – 18 dan seterusnya.

Dalam peraturan lama, seluruh set berakhir pada angka 15. Set ke-5 (set penentu) menggunakan sistem rally point.

Peraturan yang berlaku sekarang (peraturan terbaru) menyatakan bahwa seluruh set (set 1 hingga set 5) menggunakan sistem rally point. Jadi suatu regu akan memperoleh angka jika memenangkan rally walaupun regu tersebut tidak sedang mendapat giliran service.

Setiap regu berusaha memasukkan bola kedaerah lawan dengan cara melakukan smash atau pukulan menukik yang sulit dikembalikan lawan.

Sebelum melakukan smash, bola tersebut dioper dari satu pemain ke pemain lainya sebagai umpan. Akan tetapi, bola hanya boleh dimainkan paling banyak 3 kali.

Artinya, jika bola sedang berada didaerah lapangan suatu regu, maka regu tersebut harus berusaha memasukkan bola ke daerah lawan dengan mengoper bola paling banyak 3 kali didaerah sendiri.

Setiap pemain boleh menyentuh atau memainkan bola lebih dari satu kali asalkan diselingi oleh pemain lain. Jadi jika pemain A menerima bola dari lawan kemudian mengoper bola tersebut ke pemain B, maka pemain A masih boleh menerima operan dari pemain B.

Pertandingan bola voli berakhir setelah satu regu dinyatakan sebagai pemenang. Jadi, lamanya pertandingan bola voli bukan ditentukan oleh waktu, namun oleh angka (nilai) yang didapatkan.

Pemain Libero

Dalam peraturan baru, terdapat satu pemain yang disebut dengan pemain libero yang merupakan pemain khusus bertahan.

Peraturan baru ini mengharuskan setiap regu mendaftarkan salah satu diantara 12 pemainnya sebagai pemain libero.

Adapun beberapa ketentuan bagi pemain libero dalam permainan bola voli adalah sebagai berikut :

  • Pemain libero harus memakai seragam, kaos ataupun rompi yang memiliki warna berbeda dan kontras dengan pemain lain dalam satu tim.
  • Nomor dari pemain libero harus tercatat dalam daftar posisi dari set pertama.
  • Pemain libero dapat menggantikan seorang pemain yang berada di posisi belakang.
  • Pemain libero hanya dapat bermain sebagai pemain di posisi belakang.
  • Pemain libero tidak diperbolehkan menyelesaikan pukulan serangan dari mana saja bila pada saat perkenaan bola berada lebih tinggi dari ketinggian net.
  • Pemain libero tidak boleh melakukan service, block ataupun usaha untuk melakukan block, baik secara sendiri maupun bergabung dengan pemain seregu yang melakukan block.
  • Jika pemain libero melakukan passing atas di daerah serang, maka pemain depan tidak diperbolehkan memukul bola tersebut. Akan tetapi pemain depan boleh memukul bola yang berasal dari passing bawah pemain libero.
  • Pergantian pemain libero tidak dihitung sebagai pergantian biasa. Pemain libero dapat masuk dan keluar dari lapangan dengan jumlah yang tidak terbatas.
  • Pergantian pemain libero dapat dilakukan: (1) pada awal setiap set setelah wasit II melakukan pengecekan posisi pemain sesuai dengan daftar posisi, (2) pada saat bola mati atau (3) sebelum wasit I meniup peluit untuk melakukan service.
  • Pemain libero dapat diganti dengan pemain yang digantinya, namun harus diselingi dengan satu rally terlebih dahulu.

Peraturan Pemain

Seperti halnya dengan permainan olah raga lainnya, permainan bola voli juga memiliki peraturan untuk pemain yang ikut bertanding. Adapun peraturan-peraturan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pemain yang cedera (kecuali pemain libero) dapat diganti oleh setiap pemain yang tidak bermain (pemain cadangan). Namun pemain yang cedera tersebut tidak boleh bermain kembali selama pertandingan tersebut.
  • Pemain yang menyentuh net tidak dianggap sebagai kesalahan, kecuali pemain tersebut menyentuh net pada saat berusaha memainkan bola atau dengan sengaja memegang net.
  • Posisi telapak kaki maupun telapak tangan diperbolehkan menyebrang ke daerah lawan selama masih kontak dengan garis tengah (garis dibawah net).
  • Setiap pemain tidak boleh bertindak kasar kepada pemain lain.
  • Setiap pemain tidak boleh melakukan sikap menyerang pemain lain.

Pelanggaran terhadap peraturan-peraturan ini akan mendapat sanksi sesuai dengan tingkatan pelanggaran yang dilakukan oleh pemain. Sanksi-sanksi yang berlaku antara lain berupa peringatan atau teguran, dikeluarkan dari pertandingan atau didiskualifikasi.

Pemain yang dikeluarkan tidak boleh bermain untuk sisa dari set tersebut dan harus duduk dibangku penalti dibelakang bangku cadangan. Untuk pemain yang dikenakan diskualifikasi, pemain ini harus keluar dari area pertandingan sampai akhir pertandingan.

Sanksi peringatan diberikan secara lisan maupun isyarat, sedangkan sanksi hukuman, dikeluarkan dan didiskualifikasi menggunakan kartu berwarna kuning atau merah.

Kartu kuning menandakan pemain diberi sanksi hukuman sedangkan kartu merah menandakan pemain diberi sanksi dikeluarkan dari arena pertandingan sampai set berakhir. Sedangkan untuk sanksi diskualifikasi, wasit akan memegang kartu kuning dan kartu merah di satu tangan.


Penutupan

Nah sekarang sobat sudah tahu kan beberapa peraturan-peraturan yang berlaku dalam permainan bola voli. Dengan mengetahui beberapa peraturan diatas, dengan begitu sobat bisa lebih hati-hati dalam bermain permainan bola vola ini.

Dari penjelasan diatas, jika terdapat peraturan yang masih belum dapat sobat pahami, bisa langsung komen dikolom komentar ya sob, terima kasih.

0 Shares:

Leave a Reply