Peraturan Permainan Sepak Bola

Seperti halnya dengan permainan lainnya yang memiliki peraturan dalam setiap permainan ataupun pertandangannya. Begitupula dengan permainan sepak bola, juga ada peraturannya sendiri.

Adapun beberapa peraturannya yang harus kita ketahui adalah sebagai berikut :

Permulaan Permainan

Permainan sepak bola dimulai dengan mengadakan undian yang diwakili oleh kapten regu masing-masing.

Undian ini disaksikan oleh wasit dan kedua penjaga garis (linesmen). Regu yang memenangkan undian tersebut berhak untuk menentukan dan memilih tempat atau tendangan permulaan.

Pemain sepak bola yang melakukan tendangan permulaan tidak diperbolehkan memainkan bola leboh dari satu sentuhan.

Setelah tendangan permulaan dilakukan, maka permainanpun akan dimulai. Apabila terjadi goal pada saat berlangsungnya permainan, maka tendangan permulaan dilakukan kembali oleh tim atau regu yang kebobolan bola.

Waktu Permainan

Dalam permainan sepak bola terdapat dua babak permainan yang masing-masing berdurasi selama 45 menit. Sedangkan waktu istiratah yang diberikan adalah 15 menit.

Apabila sampai akhir pertandingan kedua regu mendapat nilai yang sama atau seri, maka akan diadakan tendangan penalti, untuk menentukan siapa yang berhak untuk menjadi pemenangnya.

Peraturan Permainan

Dalam permainan sepak bola, pemain tidak boleh melakukan pelanggaran didalam pertandingan. Adapun berikut ini adalah beberapa jenis pelanggaran yang biasa terjadi :

  • Sengaja mendorong lawan,
  • Menyentuh bola dengan tangan (hand ball),
  • Sengaja menjatuhkan lawan,
  • Mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas,
  • Berlaku tidak sopan kepada wasit,
  • Meludahi pemain lawan, dll.

Masing-masing pelanggaran yang dilakukan akan diberikan sanksi atau hukuman, seperti diberi peringatan dengan kartu kunng, kartu merah, atau bola akan diberikan kepada tim lawan sebagai tendangan bebas.

Apabila pelanggaran dilakukan didaerah tendangan penalti, maka regu lawan akan diberikan tendangan bebas yang dilakukan di titik penalti. Tendangan ini disebut dengan tendangan penalti.

Sedangkan pemain yang mendapatkan kartu merah dari wasit, maka pemain tersebut harus keluar dan meninggalkan tim dalam pertandingan yang sedang berlangsung, serta pemain yang keluar karena terkena kartu merah tidak dapat digantikan oleh pemain cadangan.

Pemain yang terkena kartu kuning untuk kedua kalinya maka otomatis akan terkena kartu merah, sehingga ia harus keluar dari pertandingan.

Selain beberapa pelanggaran tersebut, pemain sepak bola juga harus selalu memperhatikan posisinya agar tidak dalam keadaan offside.

Pemain dikatakan dalam posisi offside apabila ia berada lebih dekat dengan gawang lawan daripada pemain belakang pada saat bola mengarah kepadanya. Artinya, ia berada tepat dibelakang pemain lawan pada saat bola mengarah kepadanya.

Kerguian dari offside ini ialah jika pemain mengoper bola kepada temannya yang dalam keadaan offside kemudian terjadi gol, maka gol tersebut dinyatakan sebagai gol yang tidak sah.

Bola Keluar Arena Lapangan

Dalam permainan sepak bola, terdapat ketentuan-ketentuan yang berlaku mengenai bola yang ditendang keluar lapangan. Adapun ketentuan-ketentuannya adalah sebagai berikut:

Bola keluar dari garis samping lapangan

Apabila bola yang ditendang keluar dari garis samping lapangan dan disentuh terakhir kali oleh pemain regu sendiri secara sengaja ataupun tidak sengaja, maka bola yang keluar menjadi hak pemain lawan.

Salah satu pemain lawan akan diberi hak untuk melakukan lemparan bola kedalam menggunakan kedua tangannya kepada temannya.

Bola keluar dari garis lapangan sisi gawang

Jika bola yang ditendang keluar dari garis lapangan di sisi gawang, maka akan terjadi tendangan pojok atau tendangan untuk kiper, tergantung dari pemain regu mana yang terakhir menyentuh bola dan didaerah gawang regu mana.

  • Jika bola keluar dari garis lapangan di sisi gawang regu lawan dan bola tersebut terakhir kali disentuh oleh pemain regu lawan, baik pemain maupun penjaga gawangnya, maka tendangan pojok akan dilakukan oleh pemain dari regu kita.
  • Jika bola keluar dari garis lapangan disisi gawang regu lawan dan bola tersebut terakhir kali disentuh oleh pemain regu kita, maka bola akan diberikan kepada regu lawan, dan tendangan akan dilakukan oleh regu penjaga gawang lawan.

Posisi Pemain Sepak Bola

Dalam permainan sepak bola, setiap regu terdiri dari 11 orang, dari 11 orang tersebut 10 diantaranya menjadi pemain dengan menempati posisi sesuai kemampuannya masing-masing, sedangkan 1 orang lainnya bertugas menjadi penjaga gawang (kiper).

Apabila seorang pemain memiliki keahlian menerobos pertahanan pertahanan lawan dengan gesit dan jeli dalam melihat kesempatan, maka pemain tersebut akan menempati posisi penyerang.

Selain itu, pemain yang bertugas sebagai penjaga pertahanan atau bek dan gelandang, juga diharuskan memiliki kemampuan dalam posisi yang ditempatinya. Akan tetapi akan lebih baik, apabila setiap pemain memiliki kemampuan dibeberapa posisi lannya.

Agar dapat memenangkan suatu pertandingan sepak bola, pelatih biasanya akan mengatur formasi pemain berdasarkan posisinya.

Nah, adapun beberapa formasi yang umum digunakan dalam permainan sepak bola diantaranya adalah :

Formasi 4 – 2 – 4

[gambar]

Keterangan :

  1. Penjaga gawang
  2. Bek kanan luar
  3. Bek kanan dalam
  4. Bek kiri dalam
  5. Bek kiri luar
  6. Gelandang kanan
  7. Gelandang kiri
  8. Penyerang kanan luar
  9. Penyerang kanan dalam
  10. Penyerang kiri dalam
  11. Penyerang kiri luar

Formasi 4 – 3 – 3

[gambar]

Keterangan :

  1. Penjaga gawang
  2. Bek kanan luar
  3. Bek kanan dalam
  4. Bek kiri dalam
  5. Bek kiri luar
  6. Gelandang kanan
  7. Gelandang tengah (poros halang)
  8. Gelandang kiri
  9. Penyerang kanan luar
  10. Penyerang tengah
  11. Penyerang kiri luar.

Untuk mengetahui lebih lengkapnya mengenai posisi atau formasi pemain dalam permainan sepak bola, sobat Wikinesia bisa mengetahuinya dengan menonton pertandingan sepak bola yang sedang berlangsung, baik di TV atau melihatnya langsung.


Penutup

Nah sekarang sobat sudah paham kan mengenai beberapa aturan yang ada dalam permainan sepak bola?

Jika belum memahaminya juga sobat bisa kembali membacanya tulisan diatas sekali lagi dengan seksama, selain itu sobat juga bisa tanya langsung dikolom komentar dibawah ya, terima kasih semoga bermanfaat.

0 Shares:

Leave a Reply