Teknik Dasar & Peraturan Bulu Tangkis

Permainan bulu tangkis termasuk kedalam kategori permainan bola kecil. Peralatan yang diperlukan dalam permainan bulu tangkis diantaranya adalah raket dan shuttle cock.

Biasanya shuttle cock terbuat dari nilon atau bulu angsa yang terdiri atas 14 sampai 16 helai bulu yang dikaitkan pada kepala dan gabus. Pada pertandingan bulu tangkis, shuttle cock yang digunakan biasanya terbuat dari bulu angsa.

Dalam permainan bulu tangkis ada beberapa teknik dasar yang perlu dikuasai oleh pemainnya, adapun teknik-tekniknya adalah sebagai berikut.

Teknik Memegang Raket

Dalam teknik memegang raket (grip), terdapat beberapa hal dasar yang harus diperhatikan, adapun diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Jangan memegang raket dengan jari-jari merapat yang saling sejajar, raket harus terletak menyilang pada telapak tangan dan jari-jari tangan.
  • Pegang raket dengan kuat namun tidak terlalu kuat.
  • Gunakan raket sebagai perpanjangan lenganmu.

Teknik memegang raket berdasarkan gaya pegangan dapat dibedakan ke dalam 3 gaya, diantaranya adalah gaya Amerika (American grip), gaya Inggris (English grip), dan gaya jabat tangan (shake hand grip).

Gaya jabat tangan juga sering disebut dengan gaya pegangan pistol (pistol grip) karena posisi jari telunjuknya yang agak terpisah dari jari yang lain seperti hendak menarik pelatuk pistol.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah masing-masing bentuk memegang raket dalam permainan bulu tangkis.

Teknik Memukul Bola

Memukul shuttle cock dapat dilakukan dengan menggunakan teknik pukulan depan (forehand) atau pukulan belakang (backhand).

Pukulan forehand adalah teknik memukul shuttle cock dengan mengarahkan telapak tangan ke arah datangnya bola. Sedangkan pukulan backhand adalah teknik memukul shuttle cock dengan mengarahkan punggung tangan ke arah datangnya bola.

Perbedaan cara memegang raket untuk pukulan forehand dan backhand adalah pada posisi ibu jari. Pada pukulan forehand, ibu jari diletakkan melingkari sisi pegangan raket. Sedangkan pada pukulan backhand, ibu jari dalam posisi tegak pada sudut kiri atas dari pegangan forehand.

Terdapat dua jenis pukulan dalam permainan bulu tangkis, yaitu pukulan pertama (service) dan pukulan menukik (smash). Masing-masing pukulan ini juga dibagi lagi kedalam beberapa jenis.

Teknik pengembalian shuttle cock juga dapat dilakukan secara forehand dan backhand. Seorang pemain bulu tangkis yang handal akan dapat menentukan dengan tepat kapan saatnya dia mengembalikan shuttle cock secara forehand atau backhand.

Pukulan Pertama (Service)

Pukulan service dibedakan menjadi 3 jenis, adapun diantaranya adalah sebagai berikut.

  • serve lambung (lob/deep service)
  • serve pendek (short service)
  • serve kejut (flick service)

Pada dasarnya, pukulan service adalah pukulan pembuka dalam permainan bulu tangkis. Namun tidak seperti permainan tenis yang menjadikan pukulan servicenya sebagai pukulan menyerang.

Pukulan service pada permainan bulu tangkis sifatnya lebih sebagai pukulan ‘menjaga diri’ karena mengarah keatas.

Pukulan service dapat dilakukan dengan forehan maupun backhan, namun service secara forehand lebih sering digunakan oleh pemain bulu tangkis.

Untuk pertandingan ganda, service yang dilakukan adalah flick service, dimana lawan mengharapkan pukulan service yang rendah.

Pukulan Menukik (Smash)

Smash merupakan bentuk pukulan yang keras dan tajam (menukik). Tujuan pukulan smash ialah untuk menyerang lawan. Dalam melakukan pukulan smash, usahakan melakukannya sekeras mungkin dan bola diarahkan ke bidang lawan yang sulit dijangkau.

Pukulan smash dapat dilakukan secara forehand maupun backhand, akan tetapi jenis smash yang banyak digunakan adalah smash secara forehand, khususnya apabila bola yang dipukul adalah bola lambung dan berada diatas kepala.

Smash secara backhand pada umumnya digunakan pada bola yang berada dekat dengan net.

Gerakan Kaki

Selain melatih gerakan memukul, melakukan latihan gerakan kaki juga sangat berguna untuk melatih kelincahan pemain dalam bergerak di lapangan dengan efisien.

Prinsip-prinsip yang dipakai dalam latihan gerakan kaki antara lain adalah sebagai berikut.

  • Pergerakan kaki lebih mudah mengarah ke depan dari pada ke belakang.
  • Kembali ke tengah lapangan setelah melakukan pukulan.
  • Langkah terakhir setelah memukul shuttle cock berada pada kaki yang sejajar dengan tangan pemegang raket.

Sedangkan sikap awal yang baik sebelum bergerak adalah sebagai berikut.

  • Berdiri dengan kedua kaki sejajar terbuka lebih lebar dari bahu di tengah lapangan.
  • Kedua lutut ditekuk, berat badan berada pada kaki bagian dalam.
  • Raket dipegang sehingga kepala raket di depan dada dan mengarah ke posisi backhand.

Peraturan Permainan Bulu Tangkis

Dalam permainan bulu tangkis juga terdapat beberapa peraturan yang harus diketahui oleh pemain. Adapun beberapa peraturan yang harus diketahui dalam permainan bulu tangkis diantaranya adalah sebagai berikut.

Ukuran Net

Dalam permainan bulu tangkis panjang net yang digunakan memiliki panjang 6,1 meter dengan lebar 0,75 meter. Sedangkan tinggi tiang net diukur dari pita net bagian atas sampai lantai adalah 1,525 meter.

Lebih jelasnya perhatikan gambar ukuran net berikut ini.

Permulaan Permainan

Sebelum permainan dimulai, biasanya akan dilakukan undian (toss) dan yang memenangkan undian akan mendapatkan hak untuk melakukan atau menerima pukulan service dan memilih sisi lapangan yang dikehendaki.

Sisi lapangan yang ditempati oleh pemain yang sedang mendapat giliran melakukan service disebut dengan sisi dalam (side in), sedangkan sisi lapangan yang ditempati oleh pemain yang menerima serve disebut engan sisi luar (side out).

Perolehan Angka

Dalam bulu tangkis, setiap angka akan didapatkan oleh pemain yang melakukan service jika lawan (penerima service) :

  • Tidak dapat mengembalikan shuttle cock sehingga shuttle cock jatuh didaerah lapangannya.
  • Mengembalikan shuttle cock namun jatuh diluar daerah lapangan, atau
  • Melakukan kesalahan (fault).

Cara Menentukan Pemenang

Pertandingan dalam bulu tangkis terdiri dari 2 game. Akan tetapi apabila masing-masing tim atau pemain telah memenangkan 1 game, maka pertandingan dilanjutkan dengan menambah 1 game lagi (rubber set).

Hal ini biasa disebut dengan the best of three games. Banyak angka yang harus dicapai untuk memenangkan satu game tergantung dari jenis pertandingannya, yaitu pertandingan tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri atau ganda campuran.

Pertandingan Tunggal Putra

Satu game dalam pertandingan tunggal putra terdiri atas 15 hingga 21 angka sesuai dengan kesepakatan keduanya. Misalnya dalam pertandingan dengan 15 angka, maka pemain yang lebih dahulu mendapatkan angka 15 adalah pemenang pada game itu.

Namun hal ini tidak berlaku, jika sebelumnya terjadi angka 14-14. Untuk kasus ini, pemain yang mendapatkan angka 14 terlebih dahulu berhak memilih untuk melanjutkan pertandingan sampai angka 15 atau memperpanjang game tersebut hingga angka 17 (deuce 3).

Pertandingan Tunggal Putri

Satu game dalam pertandingan tunggal putri terdiri dari 11 angka. Pemain yang lebih dulu mendapatkan angka 11 adalah pemenang game tersebut, kecuali jika terjadi angka 10-10 sebelumnya.

Untuk kasus ini, pemain yang mendapatkan angka 10 terlebih dahulu berhak memilih untuk menlanjutkan pertandingan sampai angka 11 atau memperpanjang game tersebut sampai angka 13 (deuce 3).

Pemain yang terlebih dahulu mendapatkan 2 games adalah pemenang pertandingan (hasil akhir 2-10). Jika terjadi perolehan game sama (1-1), maka dilanjutkan dengan game ke-3 (rubber set) dengan hasil akhir 2-1.

Sedangkan dalam pertandingan ganda putra, ganda putri maupun ganda campuran, satu game terdiri dari 15 angka.

Peraturan Pindah Tempat

Dalam pertandingan bulu tangkis, perpindahan tempat antara pemain atau tim dapat dilakukan pada saat :

  • setelah berakhirnya game pertama.
  • setelah game ketiga (jika terjadi rubber set), dan
  • setelah mencapai angka 8 (putra) dan mencapai angka 6 (putri) pada pertandingan game ke-3.

Penutup

Nah sobat gopensil, itulah beberapa teknik dasar dalam permainan bulu tangkis yang dapat sobat pelajari dalam latihan. Terus semangat ya sob latihannya, sampai meraih juara terbaik dalam pertandingannya nanti.

0 Shares:

Leave a Reply