Teknik Dasar & Peraturan Softball

Permainan softball diciptakan oleh George Hancoc di Amerika Serikat pada tahun 1887 dan berkembang ke seluruh dunia.

Di Indonesia permainan softball baru dikenal sekitar tahun 60-an dan secara resmi permainan ini dimasukkan ke dalam kegiatan PON ke VII tahun 1969 di Surabaya.

Setelah melihat perkembangannya yang cukup pesat dan diminati di kalangan masyarakat, akhirnya dibentukknya organisasi softball Indonesia dengan nama Persatuan Baseball dan Softball amatir Seluruh Indonesia (Perbasasi).

Lapangan Permainan Softball

Permainan softball merupakan cabang olahraga beregu yang dapat dimainkan baik putra maupun putri dan menggunakan lapangan berbentuk bujur sangkat dengan ukuran seperti pada gambar berikut.

[gambar]

Keterangan :

  • P : Tempat pitcher
  • X : Home plate (base IV)
  • Y : Tempat pemukul (batter’s box)
  • Z : Tempat catcher
  • Q : Tempat wasit

Perlengkapan Permainan Softball

Adapun perlengkapan yang digunakan dalam permainan softball diantaranya adalah sebagai berikut.

Sarung Tangan (Glove)

Jenis sarung tangan yang digunakan biasanya terbuat dari kulit. Sarung tangan ini dipakai oleh seluruh pemain dari regu penjaga. Sedangkan pada permainan rounders, seluruh pemain tidak menggunakan sarung tangan.

Tongkat Pemukul (Baf)

Tongkat pemukul yang digunakan dalam permainan softball terbuat dari kayu ataupun alumunium. Panjang tongkat pemukul adalah 86,5 cm dengan garis tengah 5,7 cm.

Bola Softball

Bagian dalam bola softball terbuat dari campuran gabus dan karet, sedangkan pada bagian luarnya terbuat dari kulit. Keliling bola softball 11,7 inci – 12,1 inci (lebih kurang 30 cm) dengan berat 190 gram.

Tempat Hinggap (Base)

Base I, II dan III berbentuk bujur sangkar dengan ukuran 38 cm x 38 cm yang ditempatkan di setiap sudut lapangan. Sedangkan base IV atau home plate berbentuk segilima.

Alat Pelindung (Protector)

Pemain yang membutuhkan alat pelindung adalah pemain yang bertugas sebagai penangkap bola (catcher).

Posisi catcher berada di belakang pemukul bola. Alat pelindung yang digunakan adalah pelindung muka (mask) dan juga pelindung badan (body protector).

Teknik Dasar Permainan Softball

Teknik-teknik dasar dalam permainan softball tidak berbeda dengan teknik dasar dalam permainan rounders. Hal tersebut karena permainan rounders merupakan dasar dari permainan softball.

Adapun teknik dasar dalam permainan softball adalah sebagai berikut.

Melempar Bola

Seperti halnya pada permainan rounders, teknik melempar bola pada permainan softball juga dibedakan berdasarkan pemain, yaitu teknik melempar bola untuk pelambung (pitcher) dan teknik melempar bola untuk pemain lapangan (infielders).

Melempar bola untuk pelambung (pitcher)

pemain yang bertugas sebagai pitcher harus berusaha agar pemukul tidak berhasil memukul bola dengan cara melempar bola sekencang mungkin.

Untuk itu, seorang pitcher harus melatih kekuatan lengannya agar dapat memberikan ayunan yang maksimal.

Selain itu, pitcher juga harus menguasai cara memegang bola seperti yang terlihat pada gambar berikut.

[gambar]

Melempar bola untuk pemain lapangan (infielders)

Terdapat tiga teknik melempar bola untuk pemain lapangan (infielder), yakni melempar melewati atas kepala, melempar dari samping dan juga melempar dari bawah, lebih jelasnya terlihat seperti pada gambar berikut ini.

[gambar]

Menangkap, Memukul Bola & Meluncur (Sliding)

Pada teknik menangkap bola, memukul bola dan juga teknik meluncur (sliding), teknik dasarnya pada umumnya sama dengan permainan rounders, jadi sobat bisa mempelajari kembali teknik dasar rounders pada artikel sebelumnya.

Peraturan Permainan

Permainan rounders dengan softball memang memiliki teknik dasar dan juga peraturan yang hampir sama dan hanya memiliki sedikit perbedaan.

Adapun peraturan permainan dalam permainan rounders adalah sebagai berikut.

Jumlah Pemain

Permainan softball dimainkan oleh dua regu, setiap regunya terdiri dari 9 orang, diantara 9 orang tersebut semuanya memiliki perannya masing, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • 1 pitcher
  • 1 catcher
  • 3 baseman
  • 4 infielder

Cara Mencetak Angka

Regu pemukul akan mendapatkan nilai apabila pemainnya berhasil melewati base IV (home plate) dengan aman (save).

Apabila regu pemukul telah mengumpulkan 3 kali ‘mati’, maka wasit akan menyatakan pergantian otomatis posisi regu penjaga dengan pemain.

Lama Permainan

Lama permainan softball juga ditentukan oleh inning. Permainan softball dinyatakan selesai atau berakhir jika telah menyelesaikan 7 inning.

Dalam permainan softbal, tugas dari masing-masing regu (regu penjaga dan regu pemukul) tidak jauh berbeda dengan tugas regu penjaga dan regu pemukul pada permainan rounders.

Perbedaan dari keduanya hanya terletak pada permainan softball tidak diperbolehkan untuk bertukar posisi antar pemain dari regu pemukul.

Jadi, pemain A yang menempati base I tidak dapat bertukar posisi dengan pemain B yang menempati base II.

Taktik Bermain

Dalam permainan softball, apabila ingin memenangkan pertandingan, maka setiap pemain harus menguasai beberapa taktik berikut ini.

Regu Penjaga

Setiap pemain dari regu penjaga harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  • Terjadinya bola keluar lapangan (out), strike, dan ball.
  • Kedudukan nilai dan inning.
  • Kemampuan setiap pemain lawan (gaya memukul, kecepatan lari, cara sliding dan lain sebagainya).
  • Arah datangnya bola dan posisi masing-masing pemain lawan.

Regu Pemukul

Regu pemukul harus memiliki kecakapan dalam memperoleh nilai untuk memenangkan permainan, sehingga setiap pemain dari regu pemukul harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  • Kekuatan dan ketepatan dalam memukul bola.
  • Kecepatan berlari.
  • Kemampuan sliding.

Jadi dalam permainan, apapun jenis permainannya kita juga harus mengerti taktik, sehingga permainan akan mudah dikuasi dan dapat dimenangkan dengan nilai yang baik.


Penutup

Nah jadi itulah sob beberapa hal yang harus sobat siapkan dan kuasai dalam permainan softball.

Adapun itu yang harus sobat siapkan bukan hanya perlengkapan, teknik dasar atau pengetahuan terhadap peraturan yang ada. Namun mental dan kondisi tubuh yang fit juga perlu di siapkan untuk dapat bermain dengan baik dan memenangkan pertandingan.

Semangat terus olahraganya ya sob, berlatih yang giat dan siap untuk memenangkan pertandingan.

0 Shares:

Leave a Reply